MONAS

27 Des

Monumen Nasional

(MONAS)

            Kunjungan pertama KKL saya adalah meneuju salah satu monumen perjuangan atau biasanya disebut Monumen Nasional (Monas). Monas merupakan salah satu tugu yang dibangun sebagai lambang perjuangan rakyat Indonesia. Tugu yang terletak di kawasan Jakarta Pusat dan memiliki design sangat megah ini memiliki ketinggian seluruhnya setinggi 132 meter terhitung dari permukaan tanah. Dengan pembagian masing masing sebagai berikut :

Monumen ini terdiri dari lorong bawah tanah  untuk dapat menuju pintu utama areal tugu. Dalam lorong tersebut terdapat sebuah museum yang menyajikan  berbagai diorama gambaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Setelah melewati lorong tersebut kita akan sampai pada pelataran bawah tugu dimana kita dapat melihat relief timbul tentang sejarah perjuangan kerajaan di Indonesia (Majapahit) dan gambaran perjuangan Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara. Kemudian kita dapat masuk ke dalam tugu monas dengan menaiki lift  yang memiliki kapasitas 10 orang atau tangga berputar, untuk menuju pelataran atas setinggi 114 meter. Dalam pelataran atas kita dapat melihat kota Jakarta dari ketinggian 114 meter, serta disana terdapat 4 buah teropong untuk melihat secara focus bangunan bangunan yang ada di kota Jakarta. Untuk dapat menggunakan teropong tersebut kita dikenakan biaya Rp. 2.000,00 untuk membeli satu buah koin agar dapat mengoperasikan teropong tersebut. Bagian paling puncak terdapat obor (lidah api) yang terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan dilapisi emas seberat 35 Kg sebelum penambahan lapisan emas yang ke dua, namun setelah kemerdekaan Indonesia yang memasuki usia setengah abad (50 tahun) dilakukan pelapisan yang kedua sehingga lapisan emas pada obor menjadi seberat 50 Kg. setelah menikmati panorama kota Jakarta dari ketinggian 114 meter dalam pelataran atas monas kita dapat turun melalui lift kemudian melalui tangga berputar di bagian  samping dalam tugu. Kemudian kembali menuju parkiran kita dapat menggunakan kereta wisata secara gratis.

APA HUBUNGANNYA MONAS DENGAN MATEMATIKA??????

Pada lidah api yang berada dipuncak Monas, kita ketahui bahwa dilapisi emas seberat 50 Kg. jika harga emas per gram nya adalah Rp. 500.000,00 maka berapakah dana yang harus dikeluarkan oleh negara untuk membeli emas lapisan lidah api tersebut?

pembahasan :

Diketehui : berat emas = 50 Kg

Harga emas / gram = Rp. 500.000,00

Ditanyakan : dana yang diperlukan untuk membeli emas =….??

Jawab :

50 Kg = 50.000 Gram

1 gram = Rp 500.000,00

Jadi dana yang diperlukan untuk membeli emas = 50.000 gr x Rp 500.000,00

= Rp. 25.000.000.000,00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: